MENJELAJAH POTENSI ANAK 11
“Karena Kau Begitu Berharga”
Yang dimaksud potensi adalah kecenderungan seseorang untuk memiliki kemampuan tertentu. Misalnya saja seorang anak suka melukis. Jika aktivitas ini dilakukan secara terus menerus maka bisa jadi dia memiliki potensi yang bagus dalam hal seni lukis. Yang mana potensi yang paling menonjol dan unggul yang dimiliki oleh anak haruslah kita gali.
Melalui berbagai aktivitas hingga muncul bakat yang ada pada dirinya. Selain itu hal ini bertujuan supaya orang tua mudah memetakkan potensinya dan mengarahkan cita-citanya di masa depan supaya ia berbahagia dengan dunia dan kehidupannya. Bahkan ia bisa menjadi sebaik-baik manusia karena dapat bermanfaat bagi orang banyak melalui potensi dan kemampuannya.
Pancing anak untuk melakukan beberapa aktivitas. Kita dapat membuat beberapa aktivitas untuk anak dan kita tidak perlu terlalu banyak memberikan petunjuk karena ini untuk melihat dimana letak bakat si anak. jika anak bertanya maka, cukup menjawab sekedarnya saja. Amati aktivitas manakah yang paling membuat si anak merasa senang, nyaman, dan dapat melakukannya.
Selanjutnya, setelah kita menemukan aktivitas yang paling diminati anak, berikan ia aktivitas khusus dan memberikannya kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas tersebut. bebaskan anak untuk melakukan apa saja yang berhubungan dengan hal itu. dan yang paling penting adalah jangan mendektenya. karena apa yang dilakukan oleh si anak bukan atas keinginannya tapi lebih karena mengikuti perintah orang tuanya. Lalu amati perilaku seru anak saat ia diberikan kebebasan untuk melakukan aktivitas yang dia sukai. Ciri perilaku seru anak telah saya sampaikan pada tulisan ke-8 yang lalu.
Jangan lupa, kita juga perlu melakukan penilaian. Setelah kita mengetahui perilaku seru anak, maka kita perlu membuat daftar perilaku anak mana saja yang benar-benar merupakan perilaku seru anak dan yang bukan. Lalu komunikasikan kepada anak, Bukan hanya sekedar tahu tapi juga memahami akan perasaan dan suasana hatinya. Selain itu, anak juga perlu tahu bahwa kita memperhatikan dan peduli kepadanya. ceritakan berbagai aktivitas yang menjadi potensi dan bakat si anak. Untuk mengkomunikasikannya tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak.
Pancing anak untuk melakukan beberapa aktivitas. Kita dapat membuat beberapa aktivitas untuk anak dan kita tidak perlu terlalu banyak memberikan petunjuk karena ini untuk melihat dimana letak bakat si anak. jika anak bertanya maka, cukup menjawab sekedarnya saja. Amati aktivitas manakah yang paling membuat si anak merasa senang, nyaman, dan dapat melakukannya.
Selanjutnya, setelah kita menemukan aktivitas yang paling diminati anak, berikan ia aktivitas khusus dan memberikannya kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas tersebut. bebaskan anak untuk melakukan apa saja yang berhubungan dengan hal itu. dan yang paling penting adalah jangan mendektenya. karena apa yang dilakukan oleh si anak bukan atas keinginannya tapi lebih karena mengikuti perintah orang tuanya. Lalu amati perilaku seru anak saat ia diberikan kebebasan untuk melakukan aktivitas yang dia sukai. Ciri perilaku seru anak telah saya sampaikan pada tulisan ke-8 yang lalu.
Jangan lupa, kita juga perlu melakukan penilaian. Setelah kita mengetahui perilaku seru anak, maka kita perlu membuat daftar perilaku anak mana saja yang benar-benar merupakan perilaku seru anak dan yang bukan. Lalu komunikasikan kepada anak, Bukan hanya sekedar tahu tapi juga memahami akan perasaan dan suasana hatinya. Selain itu, anak juga perlu tahu bahwa kita memperhatikan dan peduli kepadanya. ceritakan berbagai aktivitas yang menjadi potensi dan bakat si anak. Untuk mengkomunikasikannya tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak.

setelah kemarin melakukan peran sebagai petualang cilik yang dirasakan sangat menyenangkan dan seru saat menemukan banyak hal di lingkungan sekitar, saya dan kakak Aqila membicarakannya. Hingga hal ini selalu menjadi topik yang asyik untuk dibicarakan dari malam hari hingga keesokan harinya, temanya masih tentang binatang, tanaman, bunga, tanah, air, dan pagar. Kecenderungan kecerdasan Naturalisnya masih terjaga sampai saat ini. Terlihat dari semangat dan binarnya saat melakukan aktivitas petualangan ini.
Di saat saya belum merencanakan aktivitas apapun untuk hari ini, justru kakak Aqila yang mengajukan permainan yang akan dilakukan bersama. Ia meminta kepada saya untuk bermain rumah-rumahan dari kain flanel. Semangatnya ia tunjukkan dengan persiapan warna kain flanel yang akan digunakan. Tentu saja warnanya adalah warna favoritnya. Kemudian ia meminta saya untuk membantunya mencari sebuah kotak kardus untuk dijadikan bahan dasar membuat rumah. Saya sempatkan bertanya kenapa harus kardus, ia menjelaskan bahwa kardus itu berbentuk kotak . Menurutnya bahwa rumah miliknya itu kan kotak, jadi kami harus cari kotak.
Kakak Aqila memohon kepada saya untuk membantunya merapikan kotak yang telah ditemukan dan membuat atap. Ia belum dapat membuatnya sendiri. Disaat saya sedang membuat atap, kakak Aqila berbicara tentang banyak hal yang tak jauh dari proses pembuatan rumah ini. Tentang bentuk dinding yang segi empat, bagian atas rumah adalah segitiga, dan bagian atap yang trapesium. Saya jadi teringat saat kakak Aqila saya kenalkan dengan berbagai bentuk geometri melalui gambar dan menjiplak untuk menstimulasi kemampuan matematis logis nya. Kami sempat beradu pendapat saat pembuatan rumah ini berlangsung. Dan rupanya, ia telah memiliki desain sendiri yang ia ungkapkan dengan kata-kata sederhana. Namun sayangnya, apa yang disampaikan tidak saya pahami dengan baik. Meski kami beradu pendapat dan saling ngotot, tapi hal ini sangat seru dan menyenangkan. Bahkan bangga saat rumah-rumahan ini telah selesai. Kakak Aqila bangga dengan hasil desainnya dan saya bangga karena bisa membantu kakak Aqila mewujudkannya.

Melalui aktivitas ini, saya optimis bahwa kakak Aqila memiliki kemampuan mengkonstruksi pengetahuannya. Hingga ia bisa berimajinasi untuk dapat mencipta. Hanya saja keterampilan tangannya belum terasah dengan baik, sehingga ia belum dapat menuangkan imajinasinya ke dalam bentuk yang nyata.
💥Semua Anak Adalah Bintang
💥IIP
💥Bunda Sayang
#Tantangan 10 hari
# Level 7
# Kuliah Bunsay IIP
# Bintang Keluarga
0 komentar:
Posting Komentar